Senin, 11 Maret 2013

senyawa fosfat


H3PO4
Asam fosfat, juga dikenal sebagai asam ortofosfat atau fosfat (V) asam, adalah mineral (anorganik) asam memiliki rumus kimia H 3 P O 4. Ortofosfatasam molekul dapat menggabungkan dengan diri mereka sendiri untuk membentuk berbagai senyawa yang juga disebut sebagai asam fosfat, namun dengan cara yang lebih umum. Asam fosfat panjang juga dapat merujuk pada kimia atau pereaksi yang terdiri dari asam fosfat, biasanya asam ortofosfat.
Penampilan: cairan tak berwarna tak berbau
Melting point: 21 C (murni)
Titik didih: 158 C (murni)
Berat jenis uap air: 3,4
Tekanan uap: 2,2 mm Hg di 20 C
Spesifik gravitasi: 1,685 
Stabilitas
Stabil. Tidak kompatibel dengan logam bubuk, dasar yang kuat, mengandung senyawa besi.
Toksikologi
Korosif - menyebabkan luka bakar. Berbahaya jika tertelan dan kontak dengan kulit. Mungkin berbahaya melalui inhalasi. merusak selaput lendir, saluran pernapasan, mata dan kulit Sangat. Khas NAB 1 mg/m3.Khas PEL 1 mg m -3.

Kebanyakan orang dan bahkan kimiawan lihat asam ortofosfat sebagai asam fosfat, yang merupakan nama IUPAC untuk senyawa ini. Awalan ortodigunakan untuk membedakan asam dari asam fosfat yang lain, yang disebut asam polifosfat dua (ii). asam ortofosfat adalah non- beracun , anorganik , lemah triprotic agak asam , yang ketika murni, adalah padat di kamar suhu dan tekanan . Para struktur kimia asam ortofosfat ditampilkan di atas pada tabel data. asam ortofosfat yang sangat polar molekul , karena itu sangat larut dalam air. The oksidasi dari fosfor (P) di orto-dan asam fosfat lainnya adalah +5; bilangan oksidasi dari semua oksigen atom (O) adalah -2 dan semua hidrogen atom (H) adalah +1. Triprotic berarti bahwa molekul asam ortofosfat bisa memisahkan sampai tiga kali, menyerah sebuah H + setiap kali, yang biasanya menggabungkan dengan molekul air , H 2 O, yang ditunjukkan dalam reaksi:
3 PO 4 (s) + H 2 O (l)   H 3 O + (aq) + H 2 PO 4 - (aq) K a1 = 7,25 × 10 -3
2 PO 4 - (aq) + H 2 O (l)   H 3 O + (aq) + HPO 4 2 - (aq) K a2 = 6,31 × 10 -8
HPO 4 2 - (aq) + H 2 O (l)   H 3 O + (aq) + PO 4 3 - (aq) K a3 = 3,98 × 10 -13
The anion setelah disosiasi pertama, H 2 PO 4 -, adalah anion fosfat dihidrogen. Anion setelah disosiasi kedua, HPO 4 2 -, adalah anion fosfat hidrogen.Anion setelah disosiasi ketiga, PO 4 3 -, adalah fosfat ortofosfat anion atau. Untuk setiap reaksi disosiasi ditunjukkan di atas, ada yang terpisah konstanta disosiasi asam , yang disebut K a1, K a2, a3 dan K diberikan pada 25 ° C. Terkait dengan ketiga konstanta disosiasi adalah K yang sesuai p a1 = 2.12, p Ka2 = 7.21, dan K p a3 = 12,67 nilai pada 25 ° C. Meskipun ketiga hidrogen (H) atom adalah setara pada molekul asam ortofosfat, K berturut-turut suatu nilai berbeda karena energetika kurang menguntungkan untuk kehilangan lain H + jika satu (atau lebih) telah hilang dan molekul / ion lebih bermuatan negatif.
Diproses menggunakan pakan
kelas fosfat asam-Makanan (aditif E338 ) digunakan untuk mengasamkan makanan dan berbagai minuman seperti cola , tetapi bukan tanpa kontroversi mengenai efek kesehatan. Ini memberikan rasa tajam atau asam dan, karena bahan kimia diproduksi secara massal, tersedia murah dan dalam jumlah besar. Biaya rendah dan ketersediaan curah yang lebih mahal tidak seperti bumbu yang memberikan rasa sebanding, seperti asam sitrat yang diperoleh dari lemon dan limau . Namun, asam sitrat yang paling dalam industri makanan tidak diekstrak dari buah jeruk, tetapi difermentasi oleh Aspergillus niger cetakan dari skrap molase , limbah pati hidrolisa dan asam fosfat.
Kegunaan :
·         Asam fosfat digunakan dalam kedokteran gigi dan orthodonsi sebagai etsa solusi, untuk membersihkan dan kasar permukaannya permukaan gigi dimana peralatan gigi atau pengisi akan ditempatkan.Asam fosfat juga merupakan bahan di counter obat anti-mual-the-atas yang juga mengandung kadar tinggi gula ( glukosa dan fruktosa ). Asam ini juga digunakan dalam whiteners banyak gigi untuk menghilangkan plak yang mungkin pada gigi sebelum aplikasi.
  • Asam fosfat digunakan sebagai elektrolit pada sel bahan bakar asam fosfat . Hal ini juga digunakan sebagai standar eksternal untuk fosfor -31 resonansi magnetik nuklir (NMR).
  • Asam fosfat digunakan sebagai pembersih dengan konstruksi perdagangan untuk menghilangkan kandungan mineral, noda semen, dan noda air keras. Hal ini juga digunakan sebagai chelant di beberapa pembersih rumah tangga bertujuan tugas pembersih semacam itu.
  • Hot phosphoric acid digunakan dalam microfabrication untuk etch nitrida silikon (Si 3 N 4). Hal ini sangat selektif dalam etsa Si 3 N 4 bukannya SiO 2, silikon dioksida . 
  • Asam fosfat digunakan sebagai fluks oleh penggemar (seperti railroaders model) sebagai bantuan untuk penyolderan .
  • Asam fosfat juga digunakan dalam hidroponik pH solusi untuk menurunkan pH larutan hara. Sedangkan jenis-jenis asam dapat digunakan, fosfor merupakan nutrisi yang digunakan oleh tanaman, terutama selama berbunga, sehingga asam fosfat terutama diinginkan. Hidroponik Umum Down pH larutan cair mengandung asam fosfat di samping asam sitrat dan amonium bisulfat dengan buffer untuk mempertahankan pH stabil dalam reservoir nutrisi.
  • Asam fosfat digunakan sebagai elektrolit di tembaga electropolishing untuk menghilangkan duri dan papan sirkuit planarization.
  • Asam fosfat digunakan dengan air suling (2-3 tetes per galon) sebagai elektrolit dalam oxyhydrogen (HHO) generator.
  • Asam fosfat digunakan sebagai pengatur pH dalam kosmetik dan produk perawatan kulit. 
  • Asam fosfat digunakan sebagai agen oksidasi kimia untuk karbon aktif produksi, seperti yang digunakan dalam Proses Wentworth. 
  • Asam fosfat juga digunakan untuk performa tinggi kromatografi cair .
  • Asam fosfat dapat digunakan sebagai agen penyebaran dalam deterjen dan pengobatan kulit ..
  • Asam fosfat dapat digunakan sebagai aditif untuk menstabilkan larutan asam dalam kisaran pH ingin dan ditetapkan
  • Asam fosfat merupakan bahan utama yang memberikan rasa menggigit dalam Coca-Cola dan Pepsi soda.
  • Dalam senyawa semikonduktor pengolahan, asam fosfat adalah agen etsa basah umum: misalnya, dalam kombinasi dengan peroksida hidrogen dan air yang digunakan untuk etch InGaAs selektif untuk InP .

(NH4 ) 2 (HPO 4)
Amonium fosfat adalah garam dari amonia dan asam fosfat . Ini memiliki rumus (NH 4) 3 PO 4 dan terdiri dari amonium kation dan fosfat anion . Hal ini diperoleh sebagai serbuk kristal pada saat pencampuran larutan terkonsentrasi amonia dan asam fosfat, atau pada penambahan kelebihan amonia ke fosfat asam (NH 4) 2 (HPO 4). Hal ini larut dalam air, dan larutan pada mendidih kehilangan amonia dan asam fosfat (NH 4) (H 2 PO 4) terbentuk.
Sifat-sifat
Penampilan: Putih kristal. 
Bau: Tidak berbau. 
Kelarutan: 
1g/1.7ml air. 
Spesifik Gravity:  1.62 
pH: ca. 8.0 %
Volatil dengan volume @ 21C (70F): 0 
Melting Point: 155C (311F) terurai. 
Bahaya :
Inhalasi:
 
Hapus ke udara segar. Jika tidak bernapas, berikan pernapasan buatan. Jika sulit bernapas, berikan oksigen. Mendapatkan perhatian medis. 
Tertelan: 
Menyebabkan muntah segera seperti yang diarahkan oleh petugas medis. Jangan pernah memberikan sesuatu melalui mulut kepada orang yang tidak sadar. Mendapatkan perhatian medis. 
Kontak Kulit: 
Segera basuh kulit dengan banyak air selama minimal 15 menit. Lepaskan pakaian dan sepatu yang terkontaminasi. Mendapatkan perhatian medis. Cuci pakaian sebelum digunakan kembali. Bersihkan sepatu sebelum digunakan kembali. 
Kontak Mata: 
Segera basuh mata dengan banyak air selama minimal 15 menit, mengangkat kelopak mata atas dan bawah kadang-kadang. Mendapatkan perhatian medis. 
Kegunaan :
Amonium fosfat digunakan sebagai bahan dalam beberapa pupuk sebagai sumber tinggi unsur nitrogen . Hal ini juga digunakan sebagai flame retardant dalam komposisi termoplastik. Hal ini juga digunakan dalam pembuatan roti untuk mempromosikan pertumbuhan ragi. 
Penanganan dan Penyimpanan
Simpan dalam wadah tertutup rapat, disimpan di tempat yang sejuk, kering, berventilasi. Melindungi terhadap kerusakan fisik. Isolat dari zat-zat yang tidak kompatibel. Wadah bahan ini mungkin berbahaya ketika kosong karena mereka mempertahankan residu produk (debu, padat); amati semua peringatan dan tindakan pencegahan yang terdaftar untuk produk.

(NAH 2 PO 4)
fosfat Natrium adalah istilah generik untuk garam dari natrium dan asam fosfat . Mereka adalah:
§  natrium dihidrogen fosfat , biasanya disebut monosodium fosfat, (NAH 2 PO 4), juga dikenal sebagai "natrium fosfat, yg berdasar satu".
§  dinatrium hidrogen fosfat , biasanya disebut dinatrium fosfat, (Na 2 HPO 4) juga dikenal sebagai "natrium fosfat, dibasic".
§  natrium fosfat , biasanya disebut trisodium fosfat, (Na 3 PO 4), juga dikenal sebagai "natrium fosfat, tribasic".
§  natrium aluminium fosfat , (Na 8 Al 2 (OH) 2 (PO 4) 4). 
Natrium fosfat digunakan sebagai pengawet daging, sebagai alternatif natrium nitrit.
Bahaya :
Inhalasi: 
Dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan. Gejala dapat termasuk batuk dan sesak napas. 
Tertelan:
 
Fosfat secara perlahan dan tidak lengkap diserap ketika ditelan, dan jarang menimbulkan efek sistemik. efek seperti itu, bagaimanapun, telah terjadi. Gejala mungkin termasuk muntah, lesu, diare, efek kimia darah, gangguan jantung dan sistem saraf pusat efek. Toksisitas fosfat adalah karena kemampuan mereka untuk menyerap kalsium. 
Kontak Kulit:
 
Iritasi karena sifat asam. Dapat menyebabkan radang dan nyeri pada kontak berkepanjangan, terutama dengan kulit basah. 
Kontak Mata:
 
Dapat menyebabkan iritasi, kemerahan dan nyeri. 
Eksposur kronis:
 
Mei menyita kalsium dan deposito kalsium menyebabkan fosfat dalam ginjal. 
Risiko
Oral sodium fosfat untuk persiapan usus untuk kolonoskopi mungkin dalam beberapa individu membawa resiko cedera ginjal dalam bentuk nefropati fosfat . Ada beberapa formulasi fosfat oral yang disusun extemporaneously. Obat oral prep fosfat telah ditarik di Amerika Serikat, meskipun bukti kausalitas kurang tegas. Sejak dan efektif pengganti aman untuk puratives fosfat yang tersedia, beberapa penulis telah direkomendasikan tidak digunakan umum fosfat oral. 
Monopotassium fosfat (juga kalium dihidrogen fosfat, PPK, atau fosfat kalium yg berdasar satu, MKP) - K H 2 P O 4 - adalah larut garam yang digunakan sebagai pupuk , suatu aditif makanan dan fungisida . Ini adalah sumber fosfor dan kalium . Ini juga merupakan agen buffering . Ketika digunakan dalam campuran pupuk dengan urea dan amonium fosfat , itu meminimalkan melarikan diri dari amonia dengan menjaga pH pada tingkat yang relatif rendah.
Pupuk MKP kelas berisi setara dengan 52% P 2 O 5 dan 34% K 2 O, dan dilabeli 0-52-34. MKP sering digunakan sebagai nutrisi sumber di rumah kaca perdagangan dan dalam hidroponik .
Ini adalah salah satu komponen dari Gatorade (digunakan baik sebagai emulsifier dan buffer pH) dan digunakan sebagai aditif dalam rokok .
Pada 400 ° C itu terurai, oleh hilangnya air, untuk metaphosphate kalium (KPO 3)
§  Dipotassium fosfat (K 2 HPO 4) - juga asam fosfat, garam dipotassium; hidrogen dipotassium ortofosfat; kalium fosfat, dibasic - adalah sangat larut air garam yang sering digunakan sebagai pupuk , makanan aditif dan agen buffering . Ini adalah sumber umum fosfor dan kalium.
§  PH larutan fosfat dipotassium hampir netral. Hal ini dibentuk oleh netralisasi stoikiometri dari asam fosfat dengan kalium hidroksida :
§  3 PO 4 + 2 KOH → K 2 HPO 4 + 2 H 2 O
§  Hal ini bereaksi dengan asam fosfat untuk menghasilkan monopotassium fosfat :
§  2 HPO 4 + H 3 PO 4 → 2 KH 2 PO 4
Keselamatan
§  Sebagai aditif makanan, fosfat Dipotassium adalah pada FDA Umumnya diakui sebagai aman atau GRAS, daftar, zat . Hal ini digunakan dalam-susu creamers non mencegah koagulasi. 
§   
fosfat Tripotassium adalah ionik garam larut air yang memiliki rumus kimia K 3 PO 4. Hal ini digunakan sebagai makanan aditif untuk sifat sebagai emulsifier , berbusa agen dan mencambuk agen . Dalam kombinasi dengan asam lemak , itu adalah agen antimikroba yang potensial dalam pengolahan unggas.  Sebagai pupuk , yang proporsi N , P 2 O 5, dan K 2 O 0-33-67, menjadikannya salah satu dari beberapa senyawa pupuk di mana persentase nutrisi memiliki total 100%. 


Kalsium fosfat adalah nama yang diberikan kepada keluarga mineral yang mengandung kalsium ion (Ca 2 +) bersama dengan orthophosphates (PO 4 3 -), metaphosphates atau pyrophosphates (P 2 O 7 4-) dan kadang kadang hidrogen atau hidroksida ion .
Ini adalah bentuk utama kalsium ditemukan dalam susu sapi. Tujuh puluh persen dari tulang terdiri dari hidroksiapatit , sebuah fosfat mineral kalsium (dikenal sebagai mineral tulang ). enamel gigi terdiri dari hampir sembilan puluh persen hidroksiapatit .
Sifat Kimia
Tidak seperti senyawa lain yang paling fosfat kalsium semakin larut pada suhu yang lebih tinggi. Dengan demikian curah hujan menyebabkan pemanasan.
Dalam susu ditemukan dalam konsentrasi yang lebih tinggi daripada yang mungkin pada pH normal karena itu ada dalam bentuk koloid dalam misel terikat dengan kasein protein dengan magnesium , seng dan sitrat - kolektif disebut sebagai koloid kalsium fosfat (PKC) 
Penggunaan
Hal ini digunakan dalam produksi asam fosfat dan pupuk , misalnya dalam proses Odda . Terlalu sering menggunakan bentuk-bentuk tertentu kalsium fosfat dapat menyebabkan gizi yang mengandung aliran permukaan dan efek samping berikutnya setelah menerima perairan seperti ganggang dan eutrofikasi .
Kalsium fosfat digunakan dalam baking sebagai agen meningkatkan, dengan nomor E E341. Hal ini juga digunakan dalam produk keju.
Trikalsium fosfat juga digunakan sebagai suplemen gizi dan terjadi secara alami pada sapi susu , meskipun umum dan bentuk yang paling ekonomis untuk suplemen adalah kalsium karbonat (yang harus diambil dengan makanan) dan kalsium sitrat (yang dapat diambil tanpa makanan) . hidroksiapatit (kalsium hidrogen fosfat misalnya) sebagai suplemen makanan belum saat ini belajar dengan baik, sehingga penggunaannya sebagai suplemen tidak disarankan. 
Hal ini digunakan dalam berbagai produk gigi untuk remineralisasi dan sebagai pengencer di beberapa obat mana ia akan memberikan tablet warna abu-abu tanpa adanya zat pewarna tambahan. 
Aplikasi lain praktis dari senyawa ini digunakan dalam gen transfeksi sel. Hal ini tidak terlalu dipahami dengan baik, tetapi kalsium fosfat endapan DNA dan membentuk kompleks yang dianggap membantu DNA masuk ke dalam sel.
Kalsium fosfat
§  Kalsium dihidrogen fosfat , E341 (i): Ca (H 2 PO 4) 2
§  Kalsium hidrogen fosfat , E341 (ii): CaHPO 4
§  Trikalsium fosfat (atau fosfat tricalcic), E341 (iii): Ca 3 (PO 4) 2, kadang-kadang disebut hanya sebagai kalsium fosfat atau kalsium ortofosfat
§  Hydroxyapatite Ca 5 (PO 4) 3 (OH)
§  Apatite Ca 10 (PO 4) 6 (OH, F, Cl, Br) 2
§  Octacalcium fosfat Ca 8 H 2 (PO 4) 6 .5 H 2 O
Selain di atas, dari senyawa yang terjadi pada H-2 CaO OP 4 10 fase diagram O, Ca 4 P 2 O 9 (mungkin Ca 3 (PO 4) 2 CaO.) Adalah penting. \

AlPO4
fosfat Aluminium ( Al P O 4 ) adalah senyawa kimia . Hal ini digunakan dalam campuran kue dan di beberapa bubuk baking sebagai agen leavening untuk membantu barang naik dipanggang. Medicinally digunakan sebagai adsorben untuk toksoid.

Penggunaan

Aluminium fosfat ini digunakan industri sebagai agen dehidrasi suhu tinggi. Ketika dipanaskan untuk dekomposisi, aluminium fosfat terurai menjadi aluminium oksida dan pentoksida fosfor , yang terakhir yang sangat efektif dalam menyerap air. Pentoksida Fosfor mungkin berguna dalam beberapa aplikasi termasuk produksi Ketene dari asam asetat , meskipun proses ini agak berbahaya dan dapat menghasilkan sejumlah besar produk sampingan.
4AlPO 4 → 2Al 2 O 3 + P 4 O 10
6CH 3 COOH + P 4 O 10 → 4H 3 PO 4 + 6 CH 2 CO
CH 2 CO + CH 3 COOH → (CH 3 CO) 2 O

Kejadian

Meskipun tidak stabil terhadap panas, di daerah geologis stabil seperti Australia dan Afrika Selatan , fosfat alumiunium umumnya bentuk yang paling umum fosfor dalam tanah , karena terbentuk ketika fosfat dalam air hujan bereaksi dengan aluminium terlarut dalam tanah. Meskipun tidak larut sebagai komponen lain dari tanah di daerah tersebut, aluminium fosfat dapat membentuk sangat larut garam ganda dikenal sebagai taranakites dengan unsur-unsur esensial untuk pertumbuhan tanaman yang biasanya sangat larut dalam air, seperti kalium dan nitrogen .
Di daerah pesisir Afrika Selatan dan Namibia , kombinasi tua tanah sangat dan masukan tinggi fosfat dari lautan sangat subur karena kini Benguela menyebabkan aluminium fosfat untuk mengumpulkan untuk membentuk mineral pekat, yang dikenal sebagai batuan fosfat aluminium. Hanya dalam beberapa tahun terakhir telah pernah terjadi kepentingan pertambangan dari simpanan tersebut cukup sebagai sumber fosfor untuk pertanian , tetapi mungkin ada nilai ekonomi yang cukup besar jika rendah-biaya perawatan menjadi mungkin.
Bentuk mineral aluminium fosfat, berlinite , jarang ditemukan di alam. Hal ini memiliki struktur seperti kuarsa, yang membuat ini 2 mineral seringkali sulit untuk membedakan dengan metode laboratorium standar (seperti X-Ray Powder Diffraction)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar