Senin, 17 Desember 2012

laporan praktek genset


LAPORAN PRAKTIKUM PERAWATAN DAN PERBAIKAN
PELAYANAN DAN PERAWATAN
Dosen Pembimbing : Ir. Yunus Tonapa, MT.

Disusun oleh:
Dedi Hariyanto                        (101411008)
Restu Utami                 (101411025)
Rindy Partriana                        (101411026)

Kelas : 3A Teknik Kimia
Tanggal Praktikum : 29 November 2012
Tanggal Penyerahan : 6 Desember 2012

Description: Polban
JURUSAN TEKNIK KIMIA
POLITEKNIK NEGERI BANDUNG
2012
I.         Tujuan Praktikum
a.       Mengetahui komponen-komponen penyusun generator set
b.      Mengetahui prinsip kerja dari generator set
c.       Mengetahui fungsi-fungsi komponen-komponen penyusun generator set

II.      Dasar Teori
Genset (Generating Set)
Genset adalah singkatan dari Generating Set. Secara garis besar Genset adalah sebuah alat /mesin yang di rangkai /di design /digabungkan menjadi satu kesatuan.Yaitu :
1.      Mesin penggerak / motor sebagai pengubah energi dari bahan bakar, air, gas, udara dan sebagainya menjadi energi gerak.
2.      Generator itu sendiri Sebagai pengubah energi gerak menjadi energi listrik. Kedua komponen ini di gabungkan sehingga dapat menghasilkan energi listrik.
Fungsi genset ialah alat untuk membangkitkan tenaga listrik.Salah satu mesin penggeraknya adalah diesel, bisa juga menggunakan angin atau air. Banyak merk genset yang dijual dipasaran dan dayanya tergantung kebutuhan konsumen, misal 150 KVA dan lain-lain.Mesin generator adalah kombinasi dari sebuah generator listrik dan sebuah mesin (prime mover) yang dipasang bersama untuk membentuk satu peralatan.
Genset dengan daya kecil seringkali dipakai di rumah-rumah tangga. Peletakan Genset di dalam rumah dapat menimbulkan bising, sehingga perlu dievaluasi tingkat kebisingan di setiap ruangan di dalam rumah tersebut. Untuk mengevaluasi tingkat kebisingan di setiap ruang dilakukan dengan cara memasukkan nilai spsesifikasi tingkat kebisingan dari Genset yang akan dipasang kedalam. Salah satu cara pengukuran tingkat kebisingan didalam ruangan akibat sumber bunyi tertentu adalah dengan menghitung nilai tingkat tekanan bunyi yang dihasilkan diruang sumber, kemudian mengukur tingkat tekanan bunyi diruang penerima dengan memperhatikan faktor koefisien serapan bahan pada dinding dan perabotan didalam ruangan serta nilai transmission lossnya.
Genset (generator set) dapat menghasilkan listrik secara mandiri tanpa terhubung ke jaringan listrik kota. Mereka bisa menghasilkan sejumlah besar daya, tapi seperti halnya semua benda mekanik, mereka rentan terhadap kerusakan dan memerlukan perbaikan. Perbaikan generator dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, tapi merupakan suatu bagian penting dari memiliki dan mengoperasikan generator. Ingat bahwa jika generator terhubung ke jaringan tenaga listrik itu harus beroperasi dengan kecepatan berkelanjutan.
Generator merupakan mesin yang kompleks dengan bagian-bagian yang berbeda. Perbaikan generator membutuhkan keterampilan tukang listrik yang terlatih dan berlisensi. Ada beberapa elemen berbeda dari generator yang rentan terhadap kerusakan dan akan memerlukan perhatian khusus. Menjadi akrab dengan berbagai bagian generator dapat membantu kita memahami apa yang dibutuhkan dalam perbaikan generator.
Generator yang paling banyak digunakan di perusahaan-perusahaan adalah komersial alternator, yang memiliki dua lilitan yaitu lilitan berputar dan lilitan stasioner.Lilitan berputar menarik oleh arus searah, sedangkan lilitan stasioner menghasilkan arus bolak-balik.
Karena gesekan yang lebih besar diciptakan oleh lilitan berputar, ini merupakan bagian yang paling sering memerlukan berbagai perbaikan. Lilitan dapat menjadi aus atau rusak dan mungkin memerlukan penggantian lengkap dalam beberapa kasus. Ada beberapa alat kelengkapan dan koneksi yang merupakan bagian dari lilitan dan mereka harus diperiksa secara teratur dan mungkin perlu diperbaiki atau diganti.
Lilitan stasioner, meskipun mengalami penekanan berulang, juga memerlukan perawatan rutin dan dapat memiliki retak penekanan yang terkait atau jeda yang memerlukan perbaikan ataupun penggantian. Sekali lagi, konektor dan sabuk di sekitar bagian ini rentan terhadap kerusakan dan perlu perbaikan.Ini adalah bagian terbesar dari generator bolak-balik dan merupakan bagian yang paling sering membutuhkan perbaikan.
Perbaikan umum lain yang diperlukan untuk generator adalah penggantian dari kuas pada alternator. Kuas menyampaikan arus dari lilitan. Ada beberapa alternator yang tidak menggunakan kuas dan mereka membawa arus alternator di sepanjang poros motor.
Perbaikan generator set (genset) merupakan bagian penting dan perlu dilakukan dalam proses mengoperasikan generator. Penting bagi operator untuk memiliki pemahaman yang memadai terhadap faktor yang terlibat dalam perbaikan generator dan mencari jasa seorang tukang listrik yang berpengalaman dalam menangani jenis-jenis perbaikan. Perbaikan generator dapat menjadi pengalaman yang sulit dan membuat frustrasi tetapi merupakan bagian yang penting dari memiliki sebuah genset (generator set).
Ada beberapa jenis genset yang sering dipakai, dianatarnya yaitu :
1.      Genset Open Type
Biasa disebut juga dengan genset tipe terbuka karena memang genset ini tidak mempunyai box / kanopi.Genset ini biasa digunakan bagi mereka yang mempunyai power house sendiri dan mempunyai ruangan khusus kedap suara untuk penempatan genset di dalam ruang atau gedung.
Kelebihan genset open type adalah genset ini bisa digunakan untuk pemakaian secara paralel/sinkron dengan beberapa unit genset dan genset ini bersifat terbuka tanpa box atau kanopi sehingga mempunyai kemudahan dalam perawatannya.
Genset open type dibuat untuk kondisi siap pakai dan dilengkapi dengan panel kontrol yang mudah dibaca, tangki solar dan knalpot yang sudah terpasang langsung dimesin. pengguna hanya tinggal memasang selang ketangki solar, memeriksa kondisi air raditor, oli mesin dan kabel load diterminal genset.
Kekurangan dari genset ini adalah ukurannya yang besar dan mengharuskan pemakai mempunyai tempat khusus yang kedap suara untuk penempatannya, dalam tempat khusus tersebut pemakai juga tidak boleh lupa untuk membuat sirkulasi udara yang baik.Karena karbon dioksida yang dikeluarkan dari knalpot mesin genset harus dikeluarkan dari ruangan.
Genset open type sangat cocok bagi pengguna yang bergerak dalam bidang industri. Tapi sangat tidak cocok bagi pengguna rumahan, kecuali pengguna mempunyai rumah yang sangat besar.
Contoh Genset Open Type :
Description: open type gensetDescription: open type gensetDescription: open type genset

2.      Genset Silent Type
Genset silent type adalah genset yang memiliki kanopi atau rumah genset berbentuk segi empat yang terbuat dari plat besi dan dilapisi dengan busa peredam yang tahan api. Lapisan ini berguna untuk mengurangi kebisingan yang dikeluarkan dari suara mesin genset.
Genset silent type adalah suatu pengembangan dari genset open type. Sebenarnya kemampuan dari genset silent type dengan genset open type  sama, karena pada intinya genset silent type adalah genset open type yang diberikan casing / rumah kedap suara.
Dengan penggunaan casing, suara “berisik” genset open type akan menjadi berkurang karena telah di filter oleh casing khusus tadi,  sehingga genset tersebut kini dinamakan genset silent type.
Karena kemampuan genset silent type dalam hal meredam suara menjadikan genset silent type pilihan bagi konsumen yang memiliki keterbatasan dalam  ruangan untuk menempatkan gensetnya.
Genset silent type dapat diletakkan di ruang terbuka seperti di halaman rumah, kantor maupun pabrik tanpa harus khawatir terhadap polusi suara yang ditimbulkan sewaktu pengoperasian genset.
Selain itu genset silent type, dapat dengan mudah dipindahkan apalagi untuk genset silent type yang ditempatkan di trailer khusus beroda.
Contoh Genset silent type :
Description: genset silent typeDescription: http://gensetkita.com/wp-content/uploads/2011/07/silent-box-genset-silent-type-300x224.jpg
3.      Genset Trailer
Genset trailer adalah gabungan antara genset silent type dan genset trailer.Tipe ini diperuntukan bagi pemakai yang memerlukan mobilitas tinggi dalam penggunaannya.
4.      Welding Generator
Welding generator atau genset las yang tersedia dipasaran sekarang memiliki fungsi ganda yaitu untuk pengelasan dan generator
5.      Clip on Generator
Description: http://www.secondchancegarage.com/articles/images/alternatorLARGE.gifClip on generator merupakan salah satu tipe genset yang digunakan untuk reefer atau sistem pendingin pada kontainer









(Bagian – bagian Genset)
Manfaat Generator
Generator ialah mesin pembangkit tenaga listrik, pembangkitan diperoleh dengan menerima tenaga mekanis dan diubahnya menjadi tenaga listrik. Dewasa ini manfaat generator sangat berarti bagi masyarakat, baik yang bergelut di industry maupun untuk pribadi, Untuk Industri dapat kita ambil contoh Generator yang dipakai pada pusat listrik tenaga uap biasanya berjenis medan putus dan merupakan system udara tertutup. Lain halnya dengan Generator pusat listrik tenaga air, yang menggunakan system udara terbuka, dimana ketika air yang dibendung di dalam waduk dilepaskan ke dalam jalur yang di dalamnya ada turbin yang terhubung keporos generator, sehingga menyebabkan generator tersebut berputar. manfaat generator disini ialah putarannya yang menghasilkan listrik, pemanfaatan generator untuk sumber daya listrik merupakan pilihan utama dalam penggunaan generator, karena seperti ketahui bersama bahwa listrik merupakan kebutuhan yang penting bagi masyarakat. Pada tiap – tiap pembangkit listrik tentunya menggunakan generator sebagai pengubah daya dari mekanis ke listrik.
Generator juga bermanfaat untuk mendapatkan tenaga utama bagi pabrik – pabrik yang bergerak di dunia industri, seperti pada pabrik semen, tekstil, perbengkelan, dan sebagainya. Jadi pada intinya manfaat generator sangat berarti bagi masyarakat terlebih jika generator tersebut menghasilkan listrik.
Secara umum fungsi generator adalah untuk mensuplai arus pada sistem kelistrikan. Proses pembangkitan listrik pada generator menggunakan prinsip induksi yaitu apabila terjadi perpotongan medan magnet dengan penghantar, maka pada penghantar akan timbul gaya gerak listrik. Generator AC disebut juga Alternator. Altenator dapat menyuplai arus bukan hanyapada kecepatan tinggi tetapi juga pada putaranidle. Kerja sebuah alternator persis sepertigenerator DC, yang membedakan keduanyaadalah konstruksi. 
Pada alternator medan magnet berputar, penghantar diam, sedangkan pada generator medan diam, penghantar berputar. Pada alternator, kumparan penghantar dipasang pada rangka yang disebut stator. Medan magnetdisebut rotor, bergerak ditengah stator. Stator terdiri dari konduktor yang dililitkan dengan jumlah yang lebih banyak, hal ini memungkinkan diperoleh induksi listrik yanglebih besar (dapat menghasilkan tegangan yang mencukupi pada putaran rendah). Untuk lebih jelasnya, proses kerja alternator, seperti pada gambar.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgClNZR8KY00A-fmW8JIHcx5sEzvwacCsFJrLQfJlNFhoF4rJnli-Do58rEEvZZp6nyrBfkmhv2P9OYDxeh0JZQEAAGa44O3503lSKFb6UYM6nrOS7L2Au5AxikestB71DzyaHg7o7_nk0/s320/Gambar+14+Proses+Kerja+Alternator.jpg
Gambar 8. Proses Kerja Alternator
Sistem Starter Generator 
Untuk menghidupkan mesin diperlukantenaga dari luar yang dapat memutarkan poros engkol sampai terjadi pembakaran dan mesinbekerja. Tenaga luar inilah yang harus dihasilkanmotor stater. Gambar di bawah memperlihatkan mekanisme sistem starter generator hampir sama dengan starter sebuah mobil.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj-QHLgCcFwLUS97230hCxV0teeGnvrnPUoJ8puz2MlEIu8IGonRD4ie7NmgVbZU3gaRxqAwu2LGwQD0RetutQS1m5xX7p1NEBcmH7AcKFQF8EH_sYPvjLiuzLZVxnyMBZqjaAfqlYtWbg/s320/Gambar+15+Sistem+Starter+Generator.jpg
Gambar 9. Sistem Starter Generator
Mekanisme sistem starter Prinsip Kerja Motor Starter adalah mengubah energi listrik dari baterai menjadi energi mekanik berupa putaran pinion gear pada motor starter. Pada saat mesin start, putaran pinion gear ini dipindahkan ke ring gear yang terpasang pada bagian luar fly wheel, sehingga fly wheel bersama poros engkol berputar. Bila mesin sudah hidup, tenaga putar motor starter tidak diperlukan lagi, perkaitan antara piniongear dan ring gear harus dilepas. Ini terjad isecara otomatis ketika switch motor starter off. 
Genset ini dirancang dengan pertimbangan yang tinggi terhadap segi keamanan. Bagaimanapun juga keamanan dan efisiensi dalam pengoperasian akan dapat diperoleh jika memperhatikan petunjuk-petunjuk berikut ini.
1.        Mengoperasikan dengan benar
Jalankan mesin sesuai petunjuk yang diberikan dalam buku petunjuk pengoperasian genset. Jangan menjalankan mesin jika tidak mengetahui dengan baik perihal pengoperasian genset. Pastikan bahwa operator genset mengetahui cara-cara pengoperasian yang benar. Berilah penjelasan yang detail sesuai dengan buku petunjuk.
2.        Jauhkan genset dari tempat yang basah
Menjalankan genset di tempat yang langsung terkena hujan, lembab atau genangan air dapat beresiko untuk terjadinya sengatan listrik. Dianjurkan untuk memasang grounding pada genset dan beban serta memberikan atap pelindung.
3.        Peletakan genset
Genset harus diletakkan di tempat yang permukaannya rata atau di atas pondasi yang kuat dan tidak labil. Pondasi yang tidak kuat bisa menyebabkan kerusakan genset.
4.        Jagalah kebersihan genset
Genset harus dijaga dengan baik dan anggaplah sebagai partner dalam bisnis anda. Rawatlah genset anda agar selalu tampak bersih. Jangan biarkan kebocoran-kebocoran yang terjadi berlangsung lama, dan bersihkan debu atau kotoran yang menempel di radiator. Jangan meletakkan barang-barang yang tidak penting di sekitar genset.
5.        Lakukan perawatan genset secara teratur
Rawatlah genset dengan baik dan ikuti petunjuk pada buku manual genset. Pakailah bahan bakar dan oli pelumas sesuai dengan yang disarankan pabrik pembuat mesin. Gantilah sparepart dengan memakai sparepart yang original agar genset anda dapat beroperasi dalam jangka waktu lama dan lancar.
6.        Perhatikan sirkulasi udara
Jika genset dioperasikan di dalam ruangan, maka harus dibuat ventilasi udara yang baik. Asap knalpot yang sangat beracun harus terbuang ke luar ruangan dengan baik. Jauhkan gas buang mesin dari manusia dan hewan piaraan. Udara panas dari radiator juga harus dikeluarkan langsung melalui ducting /cerobong dan tidak boleh ada aliran balik agar mesin tidak panas.
7.        Matikan mesin segera jika ada kejadian yang tidak normal
Jika genset diketahui beroperasi secara tidak wajar atau menunjukkan ketidaknormalan seperti getaran yang tinggi, suara yang kasar atau tersendatsendat maka segera matikan genset dan perbaiki masalahnya secepat mungkin.
8.        Merawat kabel-kabel instrumen dengan teratur
Kerusakan kabel-kabel instrumen dapat berakibat fatal dan dapat membahayakan manusia. Segera perbaiki atau ganti jika ditemukan ada kabel yang terkelupas, sambungan kabel yang kendor atau jika tercium bau kabel terbakar.
9.        Hindari beban lebih (overload)
Generator diberikan sebuah circuit breaker (MCCB) untuk pengaman beban lebih yang mana akan bekerja (trip) jika terjadi kelebihan beban. Jika hal ini terjadi maka harus dilakukan pengurangan beban sebelum menghidupkan genset kembali.
10.    Jangan sentuh terminal output
Jangan sentuh terminal output ketika genset beroperasi karena dapat menimbulkan sengatan listrik. Putuskan circuit breaker (MCCB) kalau akan melakukan pemasangan kabel power.
11.    Pasanglah kabel dengan baik dan benar
Kabel power harus terpasang dengan benar untuk menghindari hubungan singkat. Perhatikan petunjuk / kode pada stiker di terminal output. Kencangkan setiap kabel yang dipasang dan jangan sampai kendor karena bisa berbahaya.
12.    Hindarkan air terhadap bagian listrik
Jagalah jangan sampai air membasahi terminal output, kabel kontrol/ instrumen dan generator. Karena hal ini dapat menyebabkan hubung singkat.
13.    Hindarkan pipa knalpot dari air hujan
Pasanglah sambungan pipa elbow atau raincap untuk mencegah air hujan masuk ke dalam pipa knalpot. Buanglah air yang masuk ke knalpot secara rutin melalui drain plug di bagian bawah knalpot (genset silent type).
14.    Berhati-hatilah terhadap kebakaran
Bahan bakar dan minyak pelumas adalah bahan yang mudah terbakar. Jagalah jangan sampai minyak berceceran di sekitar genset. Jagalah kebersihan bagian dalam genset (lapisan peredam) karena mudah terbakar jika terkontaminasi minyak. Jauhkan genset dari lingkungan kerja yang banyak menggunakan api.
Berikut Beberapa kerusakan yang mungkin terjadi pada genset dan solusi perbaikannya adalah sebagai berukut :
1. Mesin tidak dapat di-start :
Kemungkinan Penyebab Kerusakan
Solusi Perbaikan
Baterai lemah atau mati
Isi atau ganti dengan baterai yang baru
Kawat listrik terlepas atau putus
Perbaiki atau kokohkan sambungan-sambungannya
Motor stater rusak
Perbaiki atau ganti
Tekanan udara di tangki terlalu rendah
Isi dengan udara tekan

2. Mesin dapat di-start tetapi tiba-tiba mati
Kemungkinan Penyebab Kerusakan
Solusi Perbaikan
Air di dlam tangki bahan bakar
Buang air dan udara dari dalam tangki dan pipa bahan bakar
Lubang vertilasi tangki bahan bakar tersumbat
Bersihkan
Saringan bahan bakar tersumbat
Bersihkan atau ganti dengan yang baru
Katup pompa pengisi bahan bakar kotor atau tersumbat
Bersihkann

3. Daya mesin hilang
Kemungkinan Penyebab Kerusakan
Solusi Perbaikan
Plunyer pompa sudah aus
Periksa dan setel dengan alat penguji pompa. Perbaiki atau ganti dengan yang baru
Kebocoran pada rumah katub
Perbaiki atau ganti katub dan dudukannya
Pegas katub patah
Ganti dengan yang baru
Katub nozel kotor atau rusak
Bersihkan atau ganti nozel yang baru



DAFTAR PUSTAKA

Anonim. (2009). Hal yang anda harus tahu tentang perbaikan genset (online). http://www.sentragenset.com/hal-yang-anda-harus-tahu-tentang-perbaikan-genset-generator-set/.  
Daryono. (2009). Boiler (online). http://steampowergenerations.com/hello-world/
Salim, Andi Agus. (2011). Makalah tentang Pengoperasian Boiler Serta Cara Perawatannya (online). http://tugas2kuliah.wordpress.com/2011/11/29/pengoperasian-boiler-serta-cara-perawatannya/.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar